KURIKULUM 2013 (K13) menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib,. Pewajiban pendidikan kepramukaan menjadi ekstra kurikuler wajib ini sebenarnya bukanlah merupakan hal yang baru, karena sudah sejak lama pendidikan kepramukaan dijadikan kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah. Kebijakan tersebut justru menjerumuskan pendidikan kepramukaan menjadi pelajaran kepramukaan. Dalam konteks kurikulum 2013, pendidikan kepramukaan diharapkan mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli.(kumparan.com/beritabojonegoro/ektrakurikuler)

Ekstrakurikuler Pramuka di SLB Negeri 2 Denpasar diadakan setiap hari Jumat jam 15.00-17.00 Wita. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia. Pembina ekstrakurikuler Pramuka di SLB negeri 2 Denpasar adalah : Kakak Aria, Kakak Widnyana, Kakak Maryana, Kakak Made, Kakak Setiani, Kakak Sri Aemi, Kakak Suta, Kakak Alit, Kakak Ayu dan Kakak Kartini.

Ekstrakurikuler Pramuka wajib diikuti oleh siswa SLB Negeri 2 Denpasar, ekstrakurikuler  Pramuka memberikan materi tentang dasar-dasar kepramukaan, seperti baris-berbaris, tali-temali, mencari jejak, game-game kebersamaan dan diselingi dengan kebersihan lingkungan maupun yang lainnya.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *