ASESMEN

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang membutuhkan perhatian dan perlakuan yang khusus baik dari orangtua ataupun guru, untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh ABK pertama kali kita harus melakukan asesmen untuk memperoleh informasi yang kongkrit tentang ABK. asesmen adalah suatu proses pengumpulan informasi yang akan digunakan untuk membuat pertimbangan dan keputusan berkaitan dengan pembelajaran anak, Rosenberg (Soendari dan Nani, 2010:4). Tujuan Pelaksanaan asesmen adalah :

  1. Menyaring kemampuan siswa;
  2. Untuk keperluan pengkalsifikasian, penempatan dan penemuan program pendidikan siswa;
  3. Untuk menentukan arah atau tujuan pendidikan serta kebutuhan siswa;
  4. Untuk mengembangkan program pendidikan yang diindividualisasikan;
  5. Mengetahui lingkungan belajar siswa;
  6. Evaluasi belajar.

Pelaksanaan Asesmen di SLB Negeri 2 Denpasar menjadi satu rangkaian dengan penerimaan siswa baru. Hal ini dilakukan agar begitu siswa mulai belajar di kelas, guru sudah memiliki data mengenai anak yang bersangkutan. Sehingga perencanaan dan strategi pembelajaran dapat disiapkan oleh wali kelas.

Sumber : gondewarasa.blogspot.com/2014/05/asesmen-dalam-pendidikan-anak.html

DOKUMENTASI PELAKSANAAN ASESMEN